Kamis, 15 Januari 2009

uLaNg tAhUn...?!

Ulang tahun memang menyangkut umur. Apa yang sebenarnya terjadi dengan umur kita pada hari ulang tahun ? Apa umur kita diperpanjang ataukah diperpendek satu tahun? Bertambah atau berkurang satu tahun? Pandangan optimistis melihat gelas itu sebagai setengah isi, sedangkan mata yang pesimistis melihat itu sebagai setengah kosong.

Dua-duanya betul, bergantung pada cara kita memandangnya. Apa yang terjadi pada hari ulang tahun adalah kedua-duanya: umur kita bertambah satu tahun dan serempak berkurang satu tahun. Artinya, bila hidup kita ibarat garis panjang, dilihat dari ujung awal, ulang tahun berarti hidup kita bertambah satu tahun. Namun, bila dilihat dari ujung akhir, ulang tahun berarti hidup kita berkurang satu tahun.

Perasaan bertambah dan berkurang satu tahun itu menjadikan kita sadar bahwa tahun-tahun hidup kita sungguh berharga. Tiap tahun, bahkan tiap hari, sungguh berharga karena jumlahnya terbatas. Tahun-tahun dan hari-hari itu adalah pemberian tuhan. Kita tidak dapat membuatnya atau membelinya dengan harga berapa pun.

Karena itu, kita patut menghargai tiap hari dan tiap tahun yang diberikan dengan sebijaksana mungkin. karena Ulang tahun adalah sebatang tonggak antara masa lampau, masa kini, dan masa datang.

Jadi, hargailah setiap detik waktu yang ada, karena kita tak tau kapan akan berakhir masa hidup kita, karena setiap detik adalah detak nafas dunia.

0 komentar: